INFO GHAZI

Makna Senyum Sang Bayi


Sebagai orang tua, pasti saat memandang si kecil kita selalu tersenyum, dan senyum itu pasti akan dikembalikan pada kita oleh si bayi imut kita.

Assalammu'alaikum sahabat anak,
Senyuman yang kita berikan pada anak pasti akan mendapatkan balasan senyuman dari anak kita dan hal ini sangat memiliki dampak yang positif bagi tumbuh kembang anak. Jika bayi sedang tersenyum dengan mata yang berbinar-binar hal ini menunjukkan jika bayi tersebut dalam kondisi sehat dan sudah tentu hal ini sangat menyenangkan karena kita melihat keceriaan mereka. 

Tapi abun tahu tidak jika senyuman bayi itu memiliki makna ? Untuk menjadikan seorang anak "agent of change" jangan menunggu sampai dia dewasa karena masa-masa pembentukan si anak dimulai dari dia masih bayi, salah satunya dengan SENYUM.

Senyuman pada anak dapat mengindikasikan adanya emosi positif pada anak-anak. Respon yang menyenangkan serta menjadi alat komunikasi bagi anak dengan orang tuanya selain itu senyum juga menjadi indikator penting untuk perkembangan ketrampilan sosial anak. Berikut mas IG sampaikan makna senyum pada bayi yg jika kita melihat maka hati kita akan bahagia.

1. Senyum bayi baru lahir saat tidur
Abun akan sering melihat bayi baru lahir yang tersenyum saat tidur, disebut senyuman spontan. Masih belum diketahui apa penyebab bayi tersenyum saat tidur. Tapi beberapa ilmuwan menyebut bahwa senyum ini merupakan impuls (stimulasi/gerak hati yang tiba-tiba) dari bagian otak yang masih primitif, dan tidak berkaitan dengan emosi maupun kognisi.

2. Senyum bayi saat bersama orang lain
Ketika bayi berusia enam atau delapan minggu, dia akan mulai tersenyum sebagai respon terhadap rangsangan dari luar, seperti suara orangtua atau saat melihat wajah orangtuanya. Bayi akan lebih sering tersenyum saat ada banyak orang di sekitarnya, terutama orang favorit bayi, seperti ayah, ibu, atau saudaranya. Dan dia akan jarang tersenyum saat sendirian. Di usia tiga bulan, bayi terkadang akan memalingkan wajahnya dari orangtua. Hal ini untuk memberi jeda dari intensitas tatap muka.

3. Senyum Duchenne
Senyum ini ada pada bayi usia dua bulan sampai enam bulan. Ditandai dengan pipi yang terangkat, dan otot mata yang mengerut saat merespon senyum dari orangtuanya. Pakar menyebut bahwa  senyuman bayi yang satu ini menandakan emosi yang intens. Juga tanda bahwa bayi sangat bahagia.

4. Senyum dengan mulut terbuka 
Di usia 8 bulan, bayi akan membuka mulutnya lebih lebar saat tersenyum, terutama ketika orangtua menggelitiknya. Menurut para peneliti, senyum ini adalah ekspresi kebahagiaan sang bayi saat bermain bersama orangtuanya, atau saat melakukan aktivitas positif bersama orangtua.

5. Senyum saat melihat mainan
Menginjak usia 6 bulan, anak akan mulai mengeksplorasi mainan. Ketika anak tersenyum melihat mainan, tandanya ia menyukai mainan tersebut.

6. Tertawa
Sebelum bisa bicara, bayi akan tertawa pada beberapa situasi lucu. Vasudevi Reddy, seorang psikolog di University of Portsmouth mengatakan bahwa anak di bawah usia 1 tahun masih meniru apa yang dilakukan orang dewasa, seperti menawarkan mainan atau mengambil kembali mainan tersebut dari tangan orang lain.

Kemampuan si kecil juga terus berkembang, dia semakin menyadari lingkungan sekitarnya. Ia bisa tertawa namun berhenti ketika melihat orang di sekitarnya tidak tertawa. Mereka sudah mampu menyesuaikan emosi dengan respon yang diterimanya dari luar. Nikmati proses ini, melihat si bayi tersenyum karena hal-hal kecil. Tanpa terasa, dia akan menjadi cepat besar dan Andapun merindukan senyuman bayinya.

Sejak lahir, anak sudah bisa tersenyum. Pada saat usai mereka satu bulan, senyuman mereka diidentifikasikan sebagai senyuman reflektif. Maksudnya senyuman tersebut hanyalah sebuah reflek, belum memiliki makna tertentu. Saat si kecil beranjak usia empat hingga enam minggu, senyuman yang diberikan adalah social smile. Disebut demikian karena senyuman mereka sebagai sebuah respon sosial dari lingkungan sekitarnya.

Baca Juga

Secara timbal balik, senyuman anak berdampak pada emosi dan perilaku orang di sekitarnya. Untuk itu, pastikan si kecil memancarkan senyuman terbaiknya dengan gigi yang sehat. Mas IG yakin jika orang tua masa kini sudah mulai menghargai pendapat anak. Mereka takjub dengan kemampuan belajar anak yang lebih cepat. Tak seperti orang dewasa, anak juga mampu mengerjakan sesuatu dengan jelas, lebih praktis dan tidak teoritis. Sudah banyak bukti yang menguatkan. Misalnya, di Nigeria, anak-anak telah membantu mengubah perilaku komunitasnya untuk lebih memerhatikan sanitasi dan higienitas mereka (WES Project - UNICEF di Nigeria [2003]).

Jadi bagaimana sahabat anak, sudah pahamkan makna senyuman sang bayi tercinta ? Sekarang kita lihat yuukk manfaatnya!

  1. Membantu si kecil yang masih bayi merasa aman dan nyaman.
  2. Memainkan peranan dalam membangun ikatan batin sekaligus proses merekatkan orangtua dengan si kecil.
  3. Membantu si kecil yang masih bayi belajar sekaligus mengembangkan wawasan akan dunia di sekitarnya.
  4. Si kecil yang masih bayi dan balita yang membaca ekspresi muka orangtuanya akan memakai ekspresi wajah ini sebagai panduan dalam berperilaku kelak saat usianya bertambah.
  5. Pengalaman emosional yang didapat bersama orangtuanya akan membantu si kecil membentuk respon emosional saat mereka berinteraksi kelak dengan orang lain. Si Kecil akan bisa mengembangkan pemikiran dan emosinya berdasarkan pengalaman yang mereka dapat untuk interaksi sosial sepanjang hidupnya nanti.
  6. Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan, saat hubungan (koneksi) terjadi antara si kecil dengan orangtua, hal ini akan membantu reaksi kimia dalam tubuh si kecil. Sebaliknya jika si kecil merasa kurang aman atau bahkan stres, kadar hormon stres di dalam tubuh si kecil yang masih bayi akan meningkat. Hal ini tentu saja akan berdampak kurang baik pada pertumbuhannya.

Yang harus diingat!!!, senyum adalah salah satu blok bangunan dalam hubungan si kecil dengan orangtuanya. Wajah yang paling dicari untuk memberinya kepastian, respon menenangkan dan mendapat perhatian sudah pasti adalah wajah kedua orangtuanya. Memang tidak semua senyum punya arti yang penting, tetapi senyum yang ditangkap oleh si kecil memberinya pesan yang luar biasa. Nah, mulai dari sekarang jangan ragu untuk sering tersenyum pada si kecil ya Moms agar pertumbuhannya bisa lebih baik.



Selamat untuk kelahiran Faiz Rafasya Alfariq putra pertama dari adik mas IG (Novi) semoga menjadi anak yang sholeh dan berbakti bagi agama, nusa dan bangsa serta orang tuanya, aamiin

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments