INFO GHAZI

Yuuk Kenalan Dengan Kopi !!!


Tahu ga kawan... jika negeri kita ini terkenal dengan kopi berkualitas yang sangat baik dan merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Kandungan kafein dalam kopi memang dapat memberikan banyak manfaat serta menyembuhkan beberapa keluhan penyakit asalkan dengan takaran dan dosis yang tepat.

Assalamu'alaikum kawan,
Bagi pecinta kopi, mungkin ada yang hilang jika sehari saja tidak minum kopi 😁
Tapi tahukah kawan kandungan yang terdapat dalam kopi ? ini niicch kandungan yang dimiliki oleh kopi ...... kafein, antioksidan, kalsium, kromium dan niasin. Sebelum kita ulas kandungan yang ada didalam kopi, yuukk kita intip dulu histori singkat masuknya kopi di negeri kita ini.

  • Masuknya Kopi Ke Indonesia
Kopi dibawah oleh Belanda ke Indonesia pada tahun 1696 dari Malabar sebuah kota kecil di India. Gubernur Van Hoorn mendistribusikan bibit kopi ke Batavia, Cirebon, kawasan Priangan serta wilayah pesisir utara Pulau Jawa pada tahun 1707. Budidaya kopi di pulau Jawa sejak tahun 1714-1715 dan sembilan tahun berikutnya produksi kopi di tanah air sudah sangat melimpah dan mendominasi pasar dunia hingga sekarang.

  • Manfaat Kopi
Cukup banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan fungsi otak, mencegah kanker usus, dll.

  • Kandungan Didalam Kopi
Seperti yang sudah disebutkan diatas, dalam secangkir kopi yang kita minum terkandung kafein, antioksidan, kalsium, kromium dan niasin. Sekarang kita cari tahu yuukk manfaat dari kandungan si kopi ini.

Baca juga :

1. Kafein
Senyawa asam klorogenat pada kafein dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes dan senyawa ini pula yang bertanggung jawab kalau kita tidak bisa tidur. 😆 Kafein juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak kita, bahkan kafein dapat membuat kita terhindar dari berkurangnya daya ingat karena usia dan meningkatkan fungsi kognitif penikmatnya. Tidak hanya itu ... kafein juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di usus kita, ini disebabkan karena si kafein sangat berperan aktif dalam pembakaran gula kawan. Kafein juga terkenal bertahun-tahun dapat berfungsi untuk melepaskan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin yang dapat menstimulus perasaan bahagia.

2. Antioksidan
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di negara kita ini polusi  semakin menggila, pencemaran udara dan air, radiasi, serta obat-obatan dan makanan yang kita konsumsi, untuk itu tubuh kita sangat memerlukan antioksidan untuk meminimalisir radikal bebas. Dalam jumlah yang kecil sebenarnya radikal bebas ini memiliki peran penting dalam membangun kekebalan tubuh begitupun sebaliknya apabila berlebihan radikal bebas ini sangat berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh kita yang dapat memicu berbagai macam penyakit. Kopi termasuk dalam keluarga biji-bijian yang mengandung polifenol dan merupakan antioksidan alami. dalam satu biji kopi juga mengandung asam khlorogenat sebesar 8 - 10 %  dan ini merupakan senyawa melanoidin yang juga memiliki sifat melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Kalsium
Jumlah kandungan kalsium pada biji kopi (100mL tanpa pemanis gula dan susu)  adalah sebagai berikut :
Kalium 92mg, Magnesium 8mg, Mangan 0.05mg, Riboflavin 0.01mg dan Niacin: 0.7mg. Kalsium ini dapat membantu mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

4. Kromium
Ini adalah mineral yang membantu tubuh dengan memanfaatkan insulin untuk mengatur gula darah yang dapat mencegah diabetes tipe 2 (dua).

5. Niasin
Niasin atau Niasidamid (Vitamin B3) adalah nutrisi yang sangat penting bagi sistem saraf, saluran pencernaan, dan kulit. Vitamin B3 bersifat larut air sehingga tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kolestrol tinggi.

Itu kawan, beberapa nutrisi yang ada di kopi, tapi ingat ya... se-nikmat apapun kopi ini pasti akan membahayakan tubuh kita jika penggunaan yang berlebihan.

Sekedar info saja kawan, kopi asli Indonesia yang sukses mendunia
  1. Kopi Arabika Gayo, Sumatera
  2. Kopi Arabika Kintamani, Bali
  3. Kopi Arabika Toraja
  4. Kopi Arabika Java Ijen Raung
  5. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau
  6. Kopi Arabika Flores Bajawa
  7. Kopi Robusta Temanggung

Di Negara kita setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila dan itu bertepatan dengan hari kopi sedunia kawan atau biasa disebut dengan World Coffee Day.

Sensasi rasa kopi pahit bercampur sedikit manis telah membuatku mengatakan "nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"  😃  Untuk itu tetaplah menjadi penikmat kopi yang selalu mensyukuri nikmat Tuhan yang luar biasa ini.

Tetap semangat dan selamat menikmati KOPI dengan penuh rasa  💓💖💗💕
Terms of CeritaGhazi :
  • cara menikmati kopi tubruk
  • kata kata menikmati kopi
  • cara minum kopi di cafe
  • minum kopi dengan gula
  • fakta minum kopi
  • cara aman minum kopi
  • Yuuk Kenalan Dengan Kopi !!!

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments