INFO GHAZI

Ayah Bunda ... Aku Suka Musik !!!


Menurut kamus besar bahasa Indinesia (KBBI) musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Assalamu'alaikum ayah - bunda,
Bagaimana kabar ayah - bunda hari ini ? Semoga dalam keadaan baik selalu yaaa.
Ayah - bunda, pernah dengar istilah Golden Age ? Ituu looh masa emas tumbuh kembang anak mulai usia 0th sampai 5th, yang mana pada masa itu seorang anak sangat efektif untuk diberi stimulasi, baik dalam bentuk permainan ataupun seni. Jadi jangan di sia-siakan ya ayah-bunda.
Kali ini IG (info ghazi) akan membahas tentang salah satu cara menstimulasi anak pada masa golden age ini, yuk disimak yaaa. 👀

Baca juga :

Musik, ... dengan musik kita juga bisa memberi rangsangan terhadap otak serta motorik anak. Iyaa bunda (IG ... panggil bunda saja yaaa, ... kalau ayah - bunda, .... kepanjangan, 😀) musik adalah cara efektif untuk merangsang otak dan motorik anak dan itu mungkin diabaikan oleh sebagian orang. Tapi sebelum jauh kita membahas ini, yuukk bunda kita berkenalan sebentar dengan musik.
Seperti yang sudah IG tulis diatas bunda "musik adalah kumpulan  nada yang disusun sehingga menghasilkan irama, lagu dan keharmonisan" dalam musik sendiri secara umum terdapat dalapan usur, diantaranya :

  1. Melodi : Merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam musik
  2. Irama (Ritme) : Merupakan rangkaian nada yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik.
  3. Birama : Ketukan atau ayunan berulang-ulang, datang secara teratur dalam waktu yang sama.
  4. Tangga Nada : Urutan dari suatu nada yang telah disusun
  5. Harmoni : Merupakan keselarasan paduan antara bunyi dan gerak serta suara dan vocal
  6. Tempo : Ukuran kecepatan birama lagu.
  7. Dinamika : Tanda memainkan nada dengan volume nyaring atau pelan.
  8. Timbre : Kualitas atau warna bunyi dalam seni musik.

Untuk jenis-jenis musik cukup banyak, ada dangdut, pop, rock, acapella, dll.
Lalu manfaat musik bagi anak apa IG ?

Banyak bunda, seperti melatih kemampuan berbicara, kosakata anak akan bertambah, meningkatkan kemampuan barbahasa serta komunikasinya dan interaksi sosialnya semakin baik looh bunda. Ooohh ya bunda musik juga dapat membantu si anak untuk memperkuat kemampuan kognitif dan daya ingat saat mendengarkan atau bermain musik, tidak hanya itu bermusik juga akan melatih anak untuk disiplin terhadap waktu dan yang tidak kalah baiknya adalah ... bekerja sama dalam suatu kelompok musik dapat meningkatkan kepekaan indera pendengaran dan melatih kemampuan daya tangkapnya. Memainkan instrumen serta menggerakkan badan sesuai irama musik cukup efektif mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus pada anak. Menumbuhkan kepercayaan diri, kemandirian, kesabaran, dan kemampuan bersosialiasi pada anak merupakan pengalaman sensor motorik yang lengkap, karena hampir semua indera terlibat di dalam kegiatan bermusik, anak juga akan belajar mengenai arti tanggung jawab dan bebas mengekspresikan diri, begitu bunda.....

IG,... musik seperti apa yang cocok bagi anak ?
Untuk yang satu ini, bisa dilihat dari tahapan usia si anak, ini bunda tahapannya :

  1. Musik untuk anak usia 0 - 1th
  2. Musik untuk anak usia 1 - 3th
  3. Musik untuk anak usia 3 - 5th

Musik untuk usia 0 - 1th (bayi)
Pada masa ini bunda tidak perlu bingung dengan jenis musik apa yang pantas bagi bayi, yang penting adalah dapat menghasilkan suara (vokal) atau bunyi-bunyian, hal ini bertujuan untuk merangsang pendengaran si bayi, boleh juga mendengarkan musik klasik seperti Beethoven atau Brahms. Intinya tidak ada batasan jenis musik yang harus diperdengarkan pada bayi (asal bukan musik yang iramanya hard atau keras).

Musik untuk usia 1 - 3th (batita)
Diusia ini si anak sangat suka menari mengikuti irama musik, jadi jenis musik yang cocok adalah musik yang ceria, gembira dan menyenangkan. Diusia ini pula si anak sudah mengenal banyak kosakata, ia dapat menghafal lirik lagu dan kadang - kadang diganti dengan kata-kata lucu versinya sendiri.

Musik untuk anak usia 3 - 5th (balita)
Pada usia ini si anak sudah mengenal musik sebagai irama dan lagu, merekapun sudah mengenal dengan yang namanya instruksi, semua jenis musik cocok bagi mereka, tapi bunda, menurut para ahli dimasa ini anak tergolong super aktif dan musik yang cocok adalah yang berirama beat atau sedikit cepat seperti lagu... “kepala pundak lutut kaki”.  Dan anak lebih suka bernyanyi sambil memperagakan ... memegang dan memainkan alat musik dan terkadang menirukan gaya artis yang ditontonnya di TV ataupun media lainnya.

Itu bunda sedikit penjelasan tentang manfaat dan jenis musik bagi anak. Jadi bunda, jangan tunggu besok, minggu depan apalagi bulan depan untuk memperkenalkan musik pada anak, karena pada dasarnya yang namanya anak-anak sangat suka dengan hal-hal yang penuh keceriaan, kegembiran dan kesenangan salah satunya adalah MUSIK, hanya saja mereka tidak pernah mengucapkan  "Ayah Bunda ... Aku Suka Musik !!!" tetapi mereka menunjukkan kesukaan bermusik dengan cara mereka sendiri.

Seluruh jenis musik sangat baik diperdengarkan pada anak saat masa golden age baik pop, acapella, klasik, blues, dll asalkan disesuaikan dengan tahapan usianya dan musik yang diperdengarkan bukan musik yang hard atau keras.

Terima kasih ayah bunda sudah mengajari kami tentang musik, terima kasih juga untuk kasih sayang ayah bunda pada kami.


Terms of InfoGhazi :
  • konsep musik anak
  • musik untuk anak
  • karakteristik musik anak usia dini
  • Ayah Bunda ... Aku Suka Musik !!!
  • musik dengan manfaat bagi anak
  • musik untuk anak usia dini
  • seni musik untuk anak usia dini

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments