INFO GHAZI

Aku Bukan Anak Bodoh :(


Sejatinya manusia yang dilahirkan adalah ciptaan yang suci dan berakal artinya setiap manusia sudah dibekali dengan berbagai macam kepintaran oleh Tuhannya, dan tidak ada satupun manusia yang ingin lahir dalam keadaan kurang ini dan kurang itu.

Assalamu'alaikum sahabat anak,
Kecerdasan seseorang bukan hanya dilihat dari ... seberapa tinggi nilainya di sekolah ataupun perguruan tinggi, bukan pula seberapa banyak gelar yang diborongnya, tetapi setiap kelahiran manusia sudah dibekali dengan kecerdasan yang sudah melekat sejak didalam kandungan. 

Seorang anak yang memiliki nilai kurang dari enam puluh (60) tidak lantas kita mencercah dia dengan perkataan yang menyakitkan seperti "anak bodoh", "anak tolol", dll. Seperti yang sudah IG sebutkan diatas jika seorang anak yang dilahirkan seluruhnya dalam keadaan suci dan berakal serta sudah dibekali kecerdasan yang berbeda-beda pula, postingan hari ini IG ingin mengajak ayah bunda untuk mengenal kecerdasan anak, disimak ya ayah bunda...!!!

Anak sejak dilahirkan telah dibekali kecerdasan oleh Allah, maka sampai kembali pada Allahpun kecerdasan itu tetap melekat pada dirinya dan seluruhnya kembali pada kita ... bagaimana polah asuh kita yang diberikan kepada anak-anak kita, tapi sebelum kita membahas pola asuh yang benar (akan saya posting dilain waktu) yuukk kita kenali 9 (sembilan) kecerdasan yang dimiliki setiap anak saat dia dilahirkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kecerdasan menurut pakar dan para ahli ada  9 (sembilan) kecerdasan dasar. Kecerdasan anak yang biasa kita sebut dengan  nine intelligence terdiri dari :

  1. Kecerdasan interpersonal (sosial) 
  2. Kecerdasan visual spasial
  3. Kecerdasan logika matematika
  4. Kecerdasan Intrapersonal
  5. Kecerdasan natural (alam)
  6. Kecerdasan musikal
  7. Kecerdasan verbal linguistik
  8. Kecerdasan kinestetik tubuh
  9. Kecerdasan moral

1. Kecerdasan interpersonal (sosial)

Anak yang tidak mudah menyerah, selalu semangat dan berusaha serta tidak minder (percaya diri) adalah anak yang memiliki kecerdasan ini. Untuk melatih kecerdasan ini bisa dilakukan dengan membiasakan anak berinteraksi dengan teman sebayanya, bisa dilakukan dengan kerja kelompok, mengikuti perlombaan, tampil didepan umum, dll.

2. Kecerdasan visual spasial
Kemampuan memahami pandangan serta membayangkan hasil akhir. Pada anak yang memiliki kecerdasan ini dia mampu membedakan letak dan posisi serta membayangkan tempat yang tepat. Untuk melatihnya Tolong dong, adik letakkan bukunya di atas meja, atau tolong kakak ambilkan buku yang jatuh di bawah meja, bisa juga dengan mengajarkan si kecil melipat, menggunting dan menggambar.

3. Kecerdasan logika matematika
Kemampuan untuk menghitung, berpikir sistematis. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami persoalan dan memecahkan teori sederhana yang berkaitan dengan angka. Untuk melatihnya, mengajarkan pada anak mengelompokkan mainan berdasarkan jenis mainan dan  permainan yang membutuhkan kemampuan hitung seperti ular tangga, permainan sembunyi tangkap, dll.

4. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain secara efektif, kemampuan untuk berempati dan memahami orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan ini mampu cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bermain dengan teman sebayanya atau orang sekitar, cepat akrap, untuk melatih anak dengan kecerdasan ini dengan memberi kesempatan kepada si kecil untuk bermain dengan teman sebayanya dan berkomunikasi dengan orang yang lebih tua darinya.

5. Kecerdasan natural (alam)
Kemampuan untuk mengenali alam seperti flora ataupun fauna, melihat perbedaan dan persamaan yang ada pada alam ini. Anak yang memiliki kecerdasan seperti ini cenderung suka dengan bermain di /dengan alam, untuk melatihnya bisa dengan menyediakan kebuan dirumah ataupun hewan peliharaan seperti kucing atau aquarium.

6. Kecerdasan musikal
Anak memiliki kecerdasan ini, lebih suka bernyanyi, menggoyangkan badan atau berjoget ketika mendengar suara musik, suka mendengarkan musik, mengingat lagu, suka memukul-mukul seperti bermain drum, dan main piano, untuk melatihnya perdengarkan musik dan bernyanyi (dengan lagu sesuai usianya) dan menyediakan alat musik.

7. Kecerdasan verbal linguistik
Kemampuan untuk membaca, menulis, dan komunikasi. Anak dapat berbicara dan menceritakan suatu kejadian yang dilihatnya dengan mudah, terangkai dengan baik dan kronologis kejadian tidak melompat lompat, untuk melatihnya adalah sejak dalam kandungan dan setelah lahir anak sering diajak bercakap cakap, berbicara dengan orangtua, teman sepermainan, diajak bercerita tentang pengalaman dia, menceritakan dongeng dan menyanyikan lagu anak - anak.

8. Kecerdasan kinestetik

Kemampuan untuk menggunakan kecekatan tubuh untuk mengatasi masalah, menghasilkan suatu produk, melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh misalkan gerakan tubuh saat berdoa,  menggambar, melompat, berlari dan olahraga yang menggerakkan tubuh, menari, senam, dll. Dapat dilatih dengan cara mengajak anak untuk latihan mencoret dan menggambar garis, lingkaran, melakukan gerakan senam dan menari.

Baca Juga

9. Kecerdasan moral
kemampuan untuk memiliki nilai-nilai dan norma yang ada di masyarakat dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari adalah kepekaan anak untuk meresap kepatuhan dalam berperilaku yang baik, misalnya tahu mengucapkan terimakasih, maaf, permisi dan membedakan perbuatan baik dan buruk, bisa menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap tata cara kesopanan.

Itu ayah bunda 9 (sembilan) kecerdasan yang ada pada anak-anak kita, kecerdasan ini akan semakin baik jika kita melatih dan mengajar serta membimbing anak-anak kita dengan tepat dan sesuai usiannya.

Tumbuh kembang seorang anak bukan saja bagaimana perilaku kita dihadapan mereka, bukan juga menjaga perkataan terhadap mereka tetapi ditentukan pula dengan... ...bagaimana kita melatih, serta membimbing mereka untuk menemukan bakat dan minat melalui latihan dan pengajaran yang efektif bagi mereka. Ayah bunda dengan memahami kecerdasan yang ada pada anak-anak kita maka kita akan memiliki modal untuk mengarahkan mereka secara tepat guna.

Setiap anak terlahir sangat unik dengan membawa sembilan kecerdasan yang dimilikinya, faktor internal dan external sangat menentukan tumbuh kembang mereka, diantara sembilan kecerdasan itu tentu ada yang lebih menonjol dalam diri seorang anak kelak, jadi pastikan jangan ada kalimat yang keluar dari mulut mereka "aku bukan anak bodoh" akibat ucapan kita yang menyakiti perasaan mereka.

Terima kasih sahabat anak sudah menemani IG pada postingan kali ini, tetap semangat untuk membimbing generasi bangsa kita ya ayah bunda.


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments