INFO GHAZI

Karena Koran Bekas


Terinspirasi dari koran bekas bungkus nasi perjalanan menulis dimulai. Hanya karena keinginan kuat yang membuat tekad semakin bulat untuk mencoba membuat sebuah tulisan dan tulisan pertama yang dibuat mas IG berjudul "MENGAPA AKU MENULIS ???" Tulisan awal itu memang belum mas IG publikasikan karena hanya 300an (tiga ratusan) kata. Hari ini mas IG akan mem-posting tulisan pertama itu disini, yang sebenarnya masih canggung karena isinya masih acak dan tidak beraturan. Biarlah, yang terpenting adalah bagaimana kepuasan dari menulis menjadi motor penggerak semangat mas IG untuk terus berkarya.

Assalamualaikum sahabat penulis,
Berkarya dalam hal apapun adalah sebuah kegiatan positif yang bukan hanya mengisi waktu luang tetapi memberikan manfaat yang positif bagi kita, apapun itu!!! Melukis, musik, menulis, seni peran dan lain sebagainya adalah cara untuk mengeksplorasi talenta kita. Tulisan mas IG yang pertama yang tidak beraturan bisa dibaca dibawah,  tapi jangan diketawain yaa!!!



Mengapa Aku Menulis. Berawal dari sarapan nasi bungkus yang terbungkus kertas minyak serta selembar koran bekas, tulisan ini dimulai. Menikmati sarapan pagi dan ditemani koran bekas memang membuat selera makan menjadi berbeda. Mengapa aku menulis ? Apa tujuanku menulis ? Bagi siapa aku menulis ? Mungkin adalah sederetan pertanyaan yang harus dijawab olehku. Dan aku jawab dengan jawaban seadanya.

1. Mengapa aku menulis ?
Entah jawaban apa yang harus diberikan, tapi yang pasti aku menulis karena sekedar ingin belajar untuk menjadi penulis, aaahh mungkin berlebihan jika aku menyebut kata "penulis" karena bagi sebagian orang, mereka yang disebut penulis adalah orang yang telah mahir bukan amatir sepertiku. Jawaban yang menurutku tegas dan lugas. Karena inilah, aku membawa diri untuk berani mencoba sesuatu yang baru yaitu menulis.

2. Tujuanku menulis
Beberapa diantara mereka yang sudah layak disebut sebagai penulis mungkin memiliki tujuan yang berbeda denganku yang notabenenya hanya sebagai guru madrasah. Penulis ternama dan memiliki jam terbang yang tinggi adalah manusia-manusia cerdas yang mungkin saja menulis untuk berbagi ilmu, menulis untuk kepuasan batin atau mungkin untuk menumpuk pahala lantaran ilmu yang mereka berikan lewat tulisan-tulisannya. Tujuan penulis memang berbeda-beda, tapi bukan itu letak persoalannya. Bagi mereka adalah kepuasan batin yang mereka dapatkan jauh melebihi apapun jika dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat menginspirasi semua orang. Beda halnya denganku yang hanya ingin mencoba hal baru dan masih harus banyak belajar untuk dapat menulis dengan baik. Yaa, hanya ingin belajar untuk menjadi penulis walaupun sedikit lebih tinggi kata "penulis" jika dibandingkan dengan kemampuan menulis yang aku miliki saat ini.

3. Bagi siapa aku menulis ?
Berangkat dari mencoba hal yang baru inilah yang akhirnya tercipta tulisan awal ini. Banyak hal yang mungkin masih perlu dibenahi dari tulisan yang aku buat untuk pertama kalinya. Bagi siapa aku menulis? Jawabannya bagi diriku sendiri dan bagi mereka yang mau membaca tulisan dari penulis amatir sepertiku.

Mungkin ini yang dapat aku tulis untuk tulisan pertamaku. Semoga kedepannya semakin baik agar aku dapat menemukan gaya penulisan yang sesuai dengan karakterku sendiri.


Tuuhh...kan sahabat, singkat tulisan awal mas IG.
Canggung untuk menulis saat memulai tulisan yang pertama ini. Karena begitu banyaknya yang terlintas dibenak mulai dari bisakah aku menulis, seberapa bagus tulisan-tulisanku, dan lain sebagainya. Tetapi rasa terima kasih yang tidak terhingga aku berikan kepada kawan-kawan seperjuangan di Madrasah, keluarga tercinta dan seluruh sahabat mas IG yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang karena merekalah hingga saat ini mas IG masih terus menulis dan akan tetap menulis dengan tujuan yang berbeda dengan tujuan awal. Tujuan saat ini adalah untuk menghasilkan sebuah buku yang sejujurnya sudah dari dulu mas IG inginkan. Dengan tujuan ini pula maka ketiga pertanyaan diatas terjawab seluruhnya. Oohh iya terima kasih juga untuk koran bekas yang mas IG baca dengan judul "AKU INGIN MENULIS" karya Drs. HARIMAN SUTARJO." Dan special thank's to Allah SWT yang masih memberi kekuatan untuk mas IG menulis sampai detik ini. Tidak lupa juga bagi Rasulullah SAW Muhammad Nabiku yang karenanya mas IG mengenal Allah, yang karena beliau jugalah segala ilmu kita dapatkan.

Dibawah ini adalah beberapa buku yang menjadi inspirasi mas IG ketika awal-awal menyukai kegiatan menulis :
1. Will iam Shakespeare
Seorang penulis syair kebangsaan Inggris, salah satu bukunya yang paling mas IG sukai adalah "A Note from Underground" (Sebuah catatan dibawah tanah)

2. Victor Hugo
Ini adalah penulis berkebangsaan perancis dan buku yang terkenal adalah "The Contemplations in The Legend of the Centuries" (Merenungi Legenda selama berabad-abad)

3. George Orwell
Seorang novelis, novel yang menjadi salah satu koleksi bukunya mas IG berjudul "Nineteen Eighty-Four" (Sembilan Belas Delapan Empat)

4. Kahlil Gibran
seorang seniman, penyair, dan penulis Lebanon Amerika. Karya yang membuat mas IG jatuh hati adalah "Pasir dan Buih"

5. Imam Al Ghazali
Buku pertama yang menjadi koleksi mas IG ini tercipta dari seorang penulis besar asal Iran yang dikenal oleh kalangan barat sebagai Algazel adalah seorang filsuf dan teolog muslim.

6. Sigmund Freud
Seorang Austria sekaligus penemu psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Buku yang pernah menarik perhatian mas IG berjudul "Beyond the Pleasure Principle" (Melampaui Prinsip Kesenangan)

Dan Alhamdulillah, syukur hanya pada Allah, SWT yang atas ni'mat-Nya sekarang ini mas IG sudah memiliki perpustakaan pribadi dan memiliki kurang lebih 177 koleksi buku mulai dari pengetahuan umum, fiksi, agama, kesusasteraan, ilmu terapan, bibliografi, ada ensiklopedi juga loohh, dll.

Untuk itu mas IG memohon doa, dorongan semangat dan dukungan untuk tetap menulis sampai nanti mas IG tidak sanggup lagi untuk menulis. Setidaknya dengan menulis ini mas IG dapat memberikan kontribusi bagi gerakan literasi di negeri ini walau hanya sebagai penulis amatir yang masih perlu banyak sekali bimbingan, kritik dan saran. Sekali lagi mas IG haturkan terima kasih untuk seluruh pembaca setia situs mas IG ini (infoghazi.com).

Baca Juga


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments