INFO GHAZI

Menulis!!! Ini Manfaatnya


Hari ini mood menulis mas IG benar-benar menurun, entah kenapa, apa karena kondisi sedang labil ataukah ada sesuatu yang membuat Mas IG enggan untuk menulis ? Tapi sesuatu itu apaan yaa ?? Akhirnya dengan sangat terpaksa mas IG buat tulisan ala kadarnya ini, yaa... setidaknya membangkitkan mood mas IG untuk menulis. Selain musik, menulis juga termasuk kegiatan yang membuat mas IG relaks, tentu saja ini kegemaran mas IG yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Assalamu'alaikum sahabat penulis,
Mas IG sebenarnya tahu jika sementara ini kondisi memang belum mengizinkan, tetapi tetap saja kondisi ini tidak bisa membendung keinginan mas IG untuk menulis, ya minimal satu hari satu tulisan, memaksakan diri ? Iya mungkin bisa dibilang seperti itu, walaupun sementara hanya menggunakan ponsel, yang terpenting hasrat untuk membuat sebuah tulisan dapat terobati.

Ibarat sepasang kaki jika sebelah tidak berfungsi maka untuk dibuat jalan akan kesulitan begitupun dengan menulis yang harus dibarengi dengan membaca. Menulis dan membaca adalah dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Menulis dan membaca bagaikan Romeo dan Juliet jika ingin dipisahkan membutuhkan perjuangan yang extra, jadi jangan buang-buang tenaga untuk memisahkan membaca dan menulis ya :)

Baca, Apapun dibaca. Mulai dari buku, keadaan sekitar ataupun kejadian-kejadian yang sedang viral, bahkan dengan mengamati alampun sudah dikategorikan membaca. Kembali ke meulis, sebenarnya kegiatan menulis ini sangatlah sedikit yang menyukainya dan bahkan disebut sebagai kegiatan yang buang-buang waktu. Jika mereka yang mengatakan kegiatan menulis adalah kegiatan sia-sia maka sudah bisa dipastikan jika mereka belum tahu manfaat dari kegiatan menulis ini. Menulis bukan hanya kegiatan yang membuat otak kita lebih terasah saja tetapi juga memberi beberapa manfaat yang akan mas IG sebutkan dibawah ini. Jadi dengan menulis kita akan mengukir jejak dan memberi kontribusi lebih terhadap program pemerintah yaitu GERAKAN LITERASI NASIONAL.

Menulislah, Selama engaku tidak menulis, engkau akan hilang dari dalam masyarakat dan dari pusaran sejarah.  .:Pramoedya Ananta Toer:.
Menulis bukan hanya sekedar mencoretkan tinta, tetapi menulis membutuhkan konsep yang matang untuk menghasilkan sebuah karya, iyaa...karya yang dapat memberikan manfaat bagi semua orang, setidaknya bagi diri sendiri. Memang sulit untuk mengawali kebiasaan ini tetapi jika sering dilakukan pasti kita akan terbiasa dan akan menyukai kegiatan menulis, ingat kata pepatah "Bisa karena terbiasa."

Sekarang kita lihat yuukk manfaat menulis bagi diri kita.
Menulis sejatinya adalah merekam, merekam ilmu yang sudah kita dapatkan, berikut ini mas IG paparkan manfaat menulis bagi kita.

Jujur Pada Diri Sendiri
Menulis adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan bebas, ini dapat membantu kita lebih memahami diri sendiri, karena sebagian besar penulis...minimal didalam karya-karyanya menggambarkan karakter diri sendiri.

Terhindar Dari Stres dan Memulihkan Emosi
Dengan menulis akan mengekspresikan emosi melalui kata-kata. Sebuah jurnal Advance in Psychiatric Treatment menyatakan, manfaat menulis tulisan yang ekspresif tidak hanya akan berdampak dalam jangka pendek, namun juga dalam jangka panjang. Menulis ekspresif akan meningkatkan suasana hati, penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati. Menulis akan membuat  pikiran dan perasaan kita lebih tenang.

Berkarya
Manusia berkualitas, ini yang harus menjadi tujuan utama dalam diri kita. Berkarya bukan sebatas imajinasi yang terwujud dalam sebuah seni, tetapi jauh dari itu berkarya dengan memberi manfaat bagi orang lain dan dengan karya tulis yang kita hasilkan dapat menjadi warisan yang tidak ternilai bagi anak cucu kita kelak.

Hidup Lebih Terorganisir
Menulis dengan terjadwal, bagi seorang yang menyukai kegiatan ini bisa dipastikan akan meluangkan sedikit waktu untuk menulis di sela-sela kesibukannya. Tanpa kita sadari kita sudah membuat jadwal kapan kita akan menulis. Secara perlahan tidak hanya aktivitas menulis bisa juga dengan kegiatan-kegiatan yang lainnya akan terjadwal dengan sendirinya. Ingat!!! Bisa karena terbiasa.

Kualitas Tidur Lebih Baik
Menurut studi “Applied Psychology: Health and well-being." Mereka yang melakukan kegiatan menulis selama lima belas menit per hari sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang.

Mengubah Cara Berpikir Penderita Kanker
Jurnal The Oncologist menunjukkan jika tulisan ekspresif dapat membantu penderita kanker  mengubah cara pikir dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, sebuah latihan menulis selama 20 menit dapat merubah cara berpikir beberapa pasien mengenai penyakit mereka.

Baca Juga

Itu manfaat dari menulis, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kegiatan ini yang tidak bisa mas IG tulis disini.
Sekarang kembali ke diri kita, untuk mulai menulis atau tidak sama sekali. Menulis dapat memberi nilai tambah bagi kita, menulis adalah sebuah karya seni yang akan terus ada dan sebagai warisan ilmu bagi anak-anak kita. Yakin!!! Jika kita mampu menembus batas dengan menulis. [*]

Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang. Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja   .:Imam Asy-Syafi’i:.

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments